Asal Nama Es Selendang Mayang Tak Lepas dari Cerita Rakyat Betawi

Asal Nama Es Selendang Mayang Tak Lepas dari Cerita Rakyat Betawi – Es selendang mayang merupakan minuman tenar dari tempat Betawi. Warnanya mencolok dan menarik perhatian dan juga rasanya manis.

Asal Nama Es Selendang Mayang Tak Lepas dari Cerita Rakyat Betawi

Es selendang mayang isinya serupa seperti puding atau kue lapis yang terbuat dari tepung sagu aren. Lapisan selendang mayang terdiri dari warna putih berasal dari santan dan merah muda atau hijau. Penjajanya biasa memotong kue selendang mayang bersifat persegi agak tidak tebal sesudah itu disediakan di mangkuk. Disiram pemanis dari gula merah atau sirup, santan, dan potongan es batu.

asal-nama-es-selendang-mayang-tak-lepas-dari-cerita-rakyat-betawi

Nama yang terbilang unik tersebut tak lepas dari cerita rakyat si Jambang Mayang Sari. Hal ini diungkap oleh budayawan Betawi Yahya Andi Saputra. “Munculnya kudapan ini tidak tahu pasti ya kapan, tapi indikasi dari namanya itu mengarah terhadap cerita rakyat si Jampang Mayang Sari. Nama Mayang disimpulkan sebagai suatu hal yang cantik dan indah

Cerita ini nampak terhadap awal 1900-an dan sudah dikenal oleh penduduk Betawi. Mayang Sari adalah tokoh yang tenar dapat kecantikannya. Ia mengatakan, kalau diperhatikan minuman selendang mayang itu maka dapat terpancar keindahan seperti Mayang Sari. Sebab, tata warna sebagai komposisi selendang mayang ini tunjukkan keindahannya. Warna yang mencolok seperti merah, putih, dan hijau terhitung terbilang unik dan jadi ciri khas selendang mayang. Warna itu yang membangkitkan selera orang untuk nikmati sajian ini.

Nama “selendang” sendiri berasal dari bentuknya yang lebar dan lemah gemulai saat digoyang-goyangkan. Yahya menjelaskan bahwa adonan selendang mayang ditempatkan terhadap tampah sesudah itu dicetak, lalu dipotong-potong memanjang seukuran 2 jari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *